TUGAS EVALUASI PEMBELAJARAN (RIANJAR)

1. Pengertian pembelajaran menurut para ahli :

 A. Menurut Suharsini Arikunto (2004)

   adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menetukkan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

B. Menurut Zainal Arifin (2013)

   Mengetahui tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang telah diberikan. 2)Mengetahui kemampuan, motivasi, bakat, minat dan sikap peserta didik terhadap program pembelajaran.


C. Menurut Rina febriana (2019)

      Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penemuan informasi, dalam menilai (assessment) keputusan yang dibuat untuk merancang suatu sistem pembelajaran.


d.Menurut Sugandi, dkk (2004)

     Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata instruction yang berarti self instruction (dari internal) dan external instruction (dari eksternal). Pembelajaran yang bersifat eksternal antara lain berasal dari guru yang disebut pengajaran. Dalam pembelajaran yang bersifat eksternal, prinsip-prinsip belajar dengan sendirinya akan menjadi prinsip-prinsip pembelajaran.


e. Menurut Abdul Jabar (2004)

      evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menetukkan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.


2. Pengukuran, penilaian dan evaluasi menurut ahli :

A. menurut Kumano (2001)

 merupakan penilaian terhadap data yang dikumpulkan melalui kegiatan asesmen

B. Ridwan (2006: 37)

juga memberikan definisi tentang tes sebagai data pengumpulan instrumen, “adalah rangkaian pertanyaan/latihan yang digunakan untuk mengukur keterampilan pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu/kelompok”.

C. Endang Purwati (2008:4)

 berarti pengukuran sebagai kegiatan atau upaya yang dilakukan untuk memberikan angka-angka pada suatu gejala atau peristiwa, atau benda, sehingga hasil pengukuran akan selalu berupa angka.

D. Adisusilo (2012:234) 

mendefinisikan asesmen sebagai kegiatan untuk memperoleh informasi tentang permintaan dan kemajuan belajar siswa, dan mengefektifkan penggunaan informasi tersebut untuk mencapai tujuan pendidikan.


E.Overton Terry (2008)

    adalah suatu metode untuk menentukan kemampuan siswa menyelesaikan sejumlah tugas tertentu atau mendemonstrasikan penguasaan suatu keterampilan atau pengetahuan pada suatu materi pelajaran.


3. Perbedaan Evaluasi dengan evaluasi program

evaluasi pembelajaran adalah proses mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan informasi secara sistematis untuk menetapkan ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pengertian evaluasi program pembelajaran diartikan sebagai proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menyajikan informasi tentang implementasi rancangan program pembelajaran yang telah disusun oleh guru untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan.


4. Ruang lingkup Evaluasi pembelajaran

Ruang lingkup evaluasi pembelajaran dapat ditinjau dari berbagai perspektif, yaitu ranah hasil belajar, sistem pembelajaran, proses dan hasil belajar, dan kompetensi.

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Perkembangan IPTEK dan Pengaruhnya pada Penggunaan Media Pembelajaran

HIV/AIDS